Kamis, 15 September 2016

Siapa kawan Amerika di Asia tenggara

Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. pertanyaan yang sangat vulgar dan terang benderang. namun akan sulit menjawabnya karena bagaimanapun amerika pernah gagal dan pernah berhasil di asia tenggara. dahulu pasca perang dunia, amerika berebut pengaruh di semenanjung indochina dan menghasilkan vietnam sebagai negara beraliran kapitalis. hingga kini vietnam dijadikan korea selatan versi asia tenggara termasuk pemberian lisensi pengembangan senjata vital dari blok sekutu dan juga akses memperoleh persenjataan terbaru. meskipun vietnam sendiri lebih dekat dengan rusia.







Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. Amerika sendiri menyadari sulitnya melumpuhkan militer asia tenggara secara de facto. karena memang dari sinilah perang gerilya muncul dan kini digunakan oleh banyak negara dan organisasi kemiliteran seperti Al Qaeda dan ISIS. selain itu amerika melihat asia tenggara harus kondusif karena asia sedang menjadi motor penggerak ekonomi dunia dan separuhnya berada dilintasan asia tenggara. di indochina sendiri dengan adanya vietnam belum bisa memuaskan militer amerika karena negara bentukan sekutu ini dikepung oleh negara yang dulu bersaudara. sangat riskan jika vietnam ditinggal berjuang sendiri dan kondisi politik dalam negeri vietnam tidak 100 persen pro ke amerika. 





Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. melihat ke selatan ada Australia dan selandia baru yang sejak dahulu menjadi negara persemakmuran dan tentu saja sekutu dekat amerika. namun seperti negara persemakmuran lainnya, militer australia tidak memiliki skill dasar sebagai pasukan serang unggul. hal ini disebabkan doktrin militer kerajaan inggris yang lebih percaya teknologi seperti pada saat kemenangan dalam mengarungi lautan mencari daerah jajahan baru. doktrin tersebut juga ikut dipercaya oleh amerika dan negara sekutu lainnya. apalagi jika melihat amerika membuktikan teknologi memang menjadi jawaban atas kemenangan perang. contohnya bom atom di jepang atau penemuan komputer yang bisa pecahkan kode sandi militer pada perang dunia ke 2.




Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. bagaimana dengan Philipina yang menjadi home base armada perang amerika di asia pasific dengan dukungan beberapa titik landasan militer strategis milik amerika seperti di Diego garcia. namun philipina tidak dipermak seperti korea selatan dan vietnam. karena di politik dalam negeri philipina sangat heterogen dimaka ada kekuatan oposisi sosialis ( komunis ) dan oposisi islam radikal yang berseteru dengan pemerintahan yang katolik. bagaimanapun Amerika dan Inggris tidak menyukai pemerintahan bernuansa katolik. hal ini berkaca pada masa kerajaan muslim menguasai eropa selatan.






Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. jika melihat Federasi Malaysia didalamnya ada singapura dan brunei merupakan sebuah masalah tersendiri. kerajaan Brunei ( borneo utara ) sudah berdiri sebelum ada negara Malaysia dan wilayah kekuasaannya hingga philipina selatan ( kemudian daerah philipina selatan diserahkan ke kerajaan sulu sebagai hadiah karena membantu menumpas pemberontakan di kerajaan brunei timur ). Brunei lebih menyukai Indonesia sebagai sekutu karena kedekatan kekeluargaan dengan kesultanan minangkabau dan kerajaan banten. sedangkan Malaysia yang secara historis merupakan daerah dari 9 kerajaan yang disatukan karena keinginan penjajahan inggris. seperti saat dahulu gerakan ganyang malaysia oleh bung karno, kerajaan serawak dan kerajaan sabah bersikap netral karena dijanjikan oleh bung karno untuk menjadi negara merdeka    ( raja kedua kerajaan tersbut adalah anak dari raja brunei ). namun hanya brunei lah yang mampu berjuang menjadi negara merdeka pada tahun 1984 dari jajahan inggris. 




Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. sulitnya malaysia satu pendapat karena sistem kepemimpinan yang dipertuan agong berupa pemimpin bergulir dari 9 kerajaan dan tidak semua kerajaan berpihak dengan amerika, inggris dan sekutu. jika ditelaah maka sabah serawak saja yang jelas memihak indonesia seperti brunei. sedangkan 9 kerajaan di semenanjung malaysia terpecah belah apalagi saat ini mencolok sekali kesenjangan ekonomi antara selatan dan utara. namun karena kedekatan kekeluargaan, maka sangat dimungkinkan malaysia akan mengikuti keputusan indonesia. sedangkan negara pulau singapura merupakan sebuah contoh negara ber corak ekonomi yahudi kapitalis yang berdiri di tengah negara muslim. singapura akan menjadi bom waktu yang dipasang amerika jika suatu saat pergerakan militer mereka sulit menembus asia tenggara.







Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. kekuatan militer singapura melonjak tinggi seperti halnya vietnam yang memiliki banyak senjata baru yang canggih dan menakutkan. vietnam mungkin akan kerepotan mengurusi indochina dan singapura sendiri akan head to head melawan strategi militer indonesia dan malaysia. mencontoh israel yang memiliki persenjataan mutakhir, namun tidak memiliki pasukan yang mencukupi sehingga militer tidak menjadi andalan. yang dimajukan adalah teknologi preventif. mencegah hal buruk terjadi maupun proxy war. contoh nya terlihat saat ini Indonesia VS Singapura yang urat syarat menegang. karena pembangunan pelabuhan peti kemas di batam dan pengurangan biaya pelayaran dari batam setara dengan biaya yang dikenakan di singapura. belum lagi program tax amnesty dan diturunkannya persentase pajak dari 25 % menjadi 17 % sama seperti yang diberlakukan di negara pulau. Singapura mengambil langkah diplomasi dengan menekan beberapa pejabat di indonesia untuk mengurungkan proyek peningkatan pelabuhan dan singapura memberikan janji akan memindahkan manufaktur galangan kapal ke batam. 




Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. tawaran singapura sangat beralasan karena jika pelabuhan bertambah besar ( termasuk pergudangan ) dan biaya bongkar muatnya sama dengan singapura. maka pelabuhan singapura akan kosong. karena biaya hidup di batam hanya sepertiga biaya hidup di singapura. dengan penawaran galangan kapal, berarti singapura berharap batam hanya sebagai halaman belakang saja dan sebuah galangan kapal membutuhkan luas lahan setara lahan untuk pelabuhan. alasan dimplomasi singapura ke indonesia bahwa galangan kapal dapat menyerap tenaga kerja yang besar. tapi sepertinya pemerintah indonesia melihat muslihat tersebut dan tetap menjalankan proyek pelabuhan peti kemas dan pergudangan di batam. termasuk pengkajian biaya bongkar muat yang disamakan dengan negara tetangganya.






Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. negara indonesia memang menjadi penentu kebijakan politik di asia tenggara dan australia-oceania. meskipun secara luas wilayah, australia jauh lebih luas. namun australia bukanlah bangsa pejuang, hanyalah sebuah negara bentukan dari para imigran yang menghuni daerah baru. sehingga sejarah tidak terbentuk turun temurun seperti yang ada di indonesia dan asia tenggara. apalagi indonesia sejak dahulu sebagai negara penakluk seperti terlihat dari wilayah jajahan sriwijaya, majapahit dan juga serangan kerajaan demak ke tumasik malaka. hal tersebutlah yang membuat amerika berpikir ulang untuk konfrontasi langsung dengan negara kuli. nama yang sering digaung gaungkan oleh para kapitalis di singapura. beberapa kali dilakukan proxy war untuk mengetahui kelemahan indonesia, namun tidak juga bisa menggoyahkan toleransi ke bhinekka an indonesia. seperti kasus ambon ( kristen - muslim ), sampit ( dayat - madura ), tolikara ( muslim - kristen ) tidak juga menjadi sebuah konsep baku. termasuk membanjirnya narkotika di indonesia termasuk proxy war dari mereka.




Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. dari desas desus sedang terjadi penggalangan logistik dan keuangan untuk pembentukan sempalan ISIS di asia tenggara dan pelatihan tersebar di aceh, ambon, papua dan jawa tengah. target yang dituju bukan lagi aksi terorisme bom bunuh diri atau aksi separatis seperti santoso di palu. melainkan benar benar penyerbuan dan pendudukan daerah vital oleh kekuatan militer dari islam radikal. daerah yang di incar adalah daerah yang sedikit penduduknya dan kaya minyak dengan akses pelabuhan yang bagus. itu salah satu aksi proxy war yang sudah diendus oleh intelijen indonesia. amerika juga belajar dari sejarah imperium romawi yang sulit dihancurkan namun melakukan kecerobohan sendiri yang membuat sebuah kekaisaran besar hancur lebur.







Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. kekaisaran romawi menjadi wilayah kekuasaan yang lama sekali berlangsungnya dengan luas wilayah yang besar. banyak negara menemui kegagalan saat mencoba melawan romawi dan malahan menjadi negara jajahan. kekaisaran romawi hancur memang tidak dalam satu hari, namun melalui banyak hal dan waktu. pada saat terakhir kekuasaan, kesultanan ottoman menjadi lawan seimbang dan memahami bahwa melawan romawi secara langsung hanya menghasilkan kekalahan dan akhirnya ottoman mengutus para juru runding merangkap juru dakwah untuk memutus akses perdagangan romawi. termasuk ke tumasik ( singapura ) yang saat itu menjadi sentra perdagangan asia selatan. saat itu ada 3 kerajaan besar ( moghul - india, mongol - china dan majapahit - indonesia ) didamaikan dan berserikat menjaga wilayah selatan asia dengan kompromi semua hasil perdagangan dibeli oleh ottoman. di afika ada kerajaan euthopia yang juga kerajaan muslim diminta menjaga emas dan permata tidak terjual langsung ke kelompok dagang romawi. 




Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. dalam waktu 2 dekade, romawi menjadi goncang terutama romawi timur yang mengandalkan perdagangan darat lewat jalur sutera yang selalu diganggu oleh pasukan ottoman. sehingga berakibat fatal, ottoman mampu menaklukan benteng konstantinopel romawi timur. di eropa sendiri, negara taklukan ottoman di doktrin untuk mampu menjadi negara merdeka lepas dari ottoman atau romawi dan kebetulan eropa barat menganut kristen protestan yang berseberangan dengan eropa selatan yang katolik dan ortodok. setelah mundurnya pasukan muslim di eropa, banyak kerajaan kecil di eropa barat yang melepaskan diri dari romawi termasuk spanyol, perancis dan inggris sebagai motor penggerak yang yang beragama kristen protestan.







Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. cerita tadi diatas sangat disadari oleh amerika, karena rusia mencoba bikin kekacauan di eropa dan china bikin kekacauan di asia pasifik. sedangkan india sejak lepas dari penjajahan inggris masih harus bergelut dengan konflik sosial ( yang dikambing hitamkan adalah perbedaan kasta, meskipun alasan sebenarnya adalah kesenjangan ekonomi ). sehingga menyulitkan perkembangan sosial budaya yang membuat kehidupan masyarakat terkotak kotak dan kaku. sedikit saja ada gesekan, maka akan mudah menyebar api pertikaian. india memandang potensi perang ada di utara bukan di selatan sehingga india tidak mau masuk ke asia tenggara dan asia pasifik. satu satunya negara yang belum juga bergerak adalah indonesia dan jika melihat sejarah, indonesia adalah sahabat dekat india dan china. posisi indonesia bisa menjadi negoisator ataupun provokator. tergantung dimana indonesia memihak. Amerika salah melangkah, maka akan seperti sejarah terbentuk serikat 3 kerajaan di tumasik. asia tenggara hilang hanya menyisakan thailand, indochina, indonesia dan kesultanan borneo utara.




Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. militer sekutu memahami bahwa china berani masuk ke laut china selatan karena ada anggukan dari indonesia dan memang misi ke depan, terjadi penguasaan bersama wilayah asia tenggara secara militer. menguasai asia tenggara sama saja menguasai eropa. namun asia tenggara lebih makmur dengan sumber daya alam yang melimpah. seperti hukum ekonomi, dengan modal sekecil kecilnya memperoleh untung sebesar besarnya. itu belum termasuk jika menguasai australia dan oceania. jika itu terjadi, maka amerika dan eropa akan kolaps ekonominya karena kehilangan sumber bahan baku murah. memiliki minyak bumi, tapi tidak ada bahan baku yang mau di olah. itu sama saja punya korek, tapi tidak punya rokok.







Siapa kawan Amerika di Asia tenggara. siapapun yang jadi kawan amerika haruslah berpikir panjang. seperti simalakama. ikut amerika menjadi budak. tidak memihak amerika akan dijajah serikat 3 kerajaan. maka seperti brunei, sulu, serawak, sabah, johor ( termasuk kerajaan di semenanjung malaysia ) memilih untuk setuju dengan indonesia dengan harapan menjadi sekutu bukan jajahan. itu berdasarkan sejarah masa lalu yang menjadikan mereka mitra mancanegara ( bukan jajahan ). dan belajar dari sejarah juga saat inggris, spanyol dan amerika datang ke tanah mereka hanya menyedot kekayaan tanpa menjadikan mereka mitra dagang yang sejajar. hal tersebut sangat dipahami para jenderal perang amerika dan mereka pusing cara menghadapi hal tersebut. sejarah tidak bisa diulang. kesalahan masa lalu tidak bisa dihapus. 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...