Selasa, 04 Oktober 2016

Apa hebatnya Pancasila ?

Apa hebatnya pancasila ? Pasti banyak anak muda yang bertanya tanya mengenai makna pancasila. Apalagi anak usia sekolah sudah jarang bersentuhan dengan pancasila karena kurikulum sudah tidak seperti dulu. Terus sekarang era globalisasi dan apa Pancasila masih perlu ? 






Pancasila bagi orang awam hanya simbol negara. Banyak yang beranggapan lambang negara Indonesia sama saja dengan lambang negara lain. Sama sama pakai burung sebagai lambang. Cuman bedanya garuda indonesia pakai perisai pancasila. Apa hebatnya ? 



Pancasila itu bukan soal perjuangan lepas dari penjajahan. Pancasila itu indonesia. Jika tidak ada indonesia, jangan harap bakal ada indonesia seperti saat ini yang penuh kebhinekaannya. Ayo coba kita baca ulang satu per satu dari sila pancasila dan akan dijelaskan dengan bahasa gaul yang simpel. 




1. Ketuhanan yang maha esa. 

Kalau kamu punya agama/keyakinan yang berbeda sama teman temanmu. Gak ada cibiran. Asyik asyik aja kan. Gak ada pelecehan apa lagi pelarangan Tapi kalau kebanyakan agama yang kamu peluk, atau bikin agama sendiri yang nyeleneh. sebaiknya cek DNA dulu deh. Kali aja kamu asalnya dari planet lain. 


2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. 

Warga indonesia boleh hidup dengan budaya dan aturan masing masing. Mau pakai gamis boleh, mau pakai koteka juga gak ada yang larang.  Yang di musuhi orang indonesia itu kalau pakai rompi warna oranye ada tulisan Tahanan KPK. 


3. Persatuan Indonesia.  

Jika sudah bicara indonesia. Maka persatuan harus utama. Tidak lagi ada perbedaan kelompok, budaya dan keyakinan. Semua harus jaga Indonesia tetap satu. Harga mati Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan. 

Sebuah bangsa pasti ada pemimpinnya dan bukan absolut seperti raja. Melainkan hasil pemilihan yang diberikan oleh rakyatnya baik coblos langsung maupun lewat wakil rakyatnya ( DPR/MPR ).  


5. Keadilan sosial bagi seluruh Indonesia. 

Semua kekayaan yang dipunya bangsa Indonesia harusnya untuk bikin rakyatnya sejahtera. Warga yang tidak mampu dibantu negara. Warga yang sudah makmur wajib bayar pajak. 






Kurang lebih begitulah pemahaman Pancasila. Jika udah baca dan masih ada warga Indonesia belum juga paham hebatnya Pancasila. Berarti kita harus memaklumi atas kekurangan warga itu. Maklum belum pernah hidup di negara lain. He... He... He... 


Banyak diaspora ( warga indonesia yang tinggal di negara lain ) merasakan betapa the founding fathers bangsa Indonesia menciptakan dasar bangsa yang jenius. Karena di negara lain tidak ada yang memahami maunya warganya sampai segitunya. Coba aja hidup di negara orang biar tahu rasanya gak dianggap. Jadi warga kelas 2. 





Coba lihat orang bule atau orang asing suruh tinggal di indonesia. Wuiiihhhh.... pasti betah banget. Soalnya mereka nyaman dan merasakan kebebasan padahal mereka berasal dari negara yang konon negara penganut kebebasan warga. Nah loh.... kenapa begitu ? Kalau pengin tahu. Tanya aja sendiri ke orang orang asing itu dong. 


Jangan lagi merasa Pancasila itu gak penting. Pancasila itu gak hebat. Pancasila itu cuman hiasan. Karena saat kamu tinggal jauh dari negara lain. Baru nyadar. Bisa nangis sampai lebay. Masih gak percaya. Coba aja gak usah jauh jauh, pindah kewarganegaraanmu ke Singapura atau Australia yang konon udah maju. Penyesalan adanya dibelakang. Kalau di depan namanya pendaftaran. He.... He.... He.... 




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...