Senin, 05 Desember 2016

Perubahan geopolitik pasca demo 411 dan demo 212

pada awalnya demo diadakah untuk meminta keadilan pemerintah atas kasus penistaan agama yang dilakukan oleh basuki cahaya purnama yang kala itu adalah gubernur DKI dan dimotori oleh GNPF MUI ( Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia ). saat demo dilangsungkan banyak orang yang pesimis dan cenderung sinis dengan kegiatan demo ini, apalagi diindikasikan akan terjadi kerusuhan yang bisa merusak jalannya perekonomian indonesia. hal ini memang sangat mungkin terjadi karena jakarta menjadi pusat perekonomian indonesia. desas desus intelijen juga mengatakan adanya potensi kerusuhan. namun dalam 2 kali demo, tidak terjadi kerusuhan yang dilakukan oleh GNPF MUI.






klimaks pergerakan terjadi pada 2 desember 2016 dengan tema aksi super damai yang diikuti sekitar 2,6 juta orang. sebenarnya panitia hanya menyiapkan lokasi untuk sekitar 800 ribu orang saja. namun yang terjadi 24 jam sebelum pelaksanaan panitia menerima laporan adanya pergerakan massa menuju jakarta yang luar biasa besar. membuat panitia aksi langsung bergerak cepat berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI dan ternyata benar benar terjadi. masa aksi super damai mencapai lebih dari 2 juta orang dan memenuhi seputaran taman tugu monas dan meluber dijalanan hingga bundaran hotel indonesia. sebuah kejadian yang luar biasa dan indonesia sedang menjadi sorotan dunia karena pergerakan massa yang begitu massive dan memang super damai.





dibalik semua cerita yang tersaji bagi awam. ada kisah dibalik layar. dimana puluhan agen intelijen negara lain yang ikut nimbrung untuk mencari informasi dan menjadi saksi mata secara langsung. termasuk intrik cerita tentang sekelompok orang yang hendak makar. apapun itu politik adalah dua sisi mata uang. ada kepentingan ditiap sisinya. tidak ada satupun pergerakan penggulingan kekuasaan tanpa melibatkan pihak luar. baik itu berupa institusi negara ataupun aktor aktor intelektual yang didukung oleh sebuah negara meskipun pembuktiannya sulit dilakukan. memang saat ini sedang dicari celah dan peluang untuk menggoyang pemerintahan yang sah. karena semua itu bermula dari keberpihakan pemerintah kepada kelompok yang berbeda yang bukan dari kelompok mapan sebelumnya. 



selama ini negara tetangga terutama singapura dan australia sangat resah. dari sudut pandang negara pulau menganggap kebangkitan ekonomi indonesia menggerogoti kestabilan ekonomi singapura. sedangkan bagi negara kanguru menganggap indonesia yang bagus keamanannya akan menjadi kesulitan luar biasa bagi kepentingan barat di negara berpenduduk terbanyak ke 5 di dunia ini. akan sangat sulit membenturkan masyarakat indonesia karena perbedaan suku dan kedaerahan. jikapun diskenario konflik keagamaan bukan hal yang menguntungkan bagi minoritas. dimana minoritas tidak terkumpul dalam sebuah wilayah tertentu. pasca aksi damai 411 dan aksi super damai 212 pandangan geopolitik dunia terhadap indonesia berubah drastis.





beberapa pengamat mengatakan jika presiden jokowi tidak datang ke acara demo super damai sangat dimungkinkan terjadi chaos people power. meskipun sudah ada lobby dengan kubu oposisi. namun pergerakan massa bukan karena energi dari partai. tapi karena kesatuan pandangan dan keinginan yang menjadi lokomotif pergerakan. indonesia yang dirancang untuk bisa menerima minoritas memimpin mayoritas menjadi mentah kembali dan pihak pihak tersebut harus berhitung ulang. indonesia negara plural tapi bukan negara sekuler. pemahaman bhinneka adalah sesungguhnya sudah tercantum di pancasila dengan nilai ketuhanan menjadi urutan pertama sebelum bicara keadilan dan persatuan.




mereka yang hobbynya merongrong kestabilan indonesia akan kembali membuat teroris dan separatisme sebagai lagu wajib kembali sambil membangun ulang grand design untuk menguasai indonesia. suplai narkotika akan semakin besar mengucur ke indonesia. titik terlemah indonesia ada di wilayah timur dan jika pemerintah terus fokus membuat program akselerasi untuk menyetarakan kemajuan dengan indonesia tengah. tentu celah perpecahan akan tertutup rapat. indonesia dengan pertumbuhan minimal 5 persen per tahun maka dalam 5 tahun ke depan akan menjadi negara paling berkuasa di asia tenggara dan masuk dalam 10 besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia yang artinya menjadi negara yang digolongkan sebagai negara terlindungi.






sebuah negara masuk dalam G20 saja sudah mendapatkan perhatian serius dari kelompok investor dunia dan jika indonesia bisa masuk dalam 10 besar negara dengan perekonomian terbesar maka apapun yang terjadi di indonesia akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia. seperti saat inggris keluar dari uni eropa atau pertumbuhan ekonomi china yang melambat. negara besar saja terpengaruh apalagi negara kecil. namun indonesia lebih beruntung dari jepang, jerman, italia, inggris karena indonesia mirip kanada dan brazil yang memiliki sumber daya alam melimpah. mirip india, china dan amerika yang memiliki banyak penduduk. boleh dibilang indonesia memiliki persyaratan komplit untuk menjadi salah satu negara adikuasa seperti rusia. tidak perlu menjadi negara adidaya seperti amerika.


indonesia dengan sumber daya alam melimpah, jumlah penduduk super banyak, pengaruh kawasan yang besar, umat muslim yang terbanyak dan menentukan, sejarah militer yang tangguh dan agresif, banyaknya peduduk militan yang bisa menjadi pasukan cadangan bela negara, perputaran uang domestik yang luar biasa banyaknya. namun semua kehebatan indonesia akan mudah hancur oleh para pengkhianat yang mau saja menjadi kaki tangan negara lain. jika kita mau belajar dari masa lalu saat kekaisaran romawi meluaskan wilayah, para jenderal dan pangeran diberikan peringatan. " jika memang engkau hebat, buktikan dengan menguasai wilayah baru. bukan berlomba menjadi pengkhianat dan merebut wilayah yang sudah ada. itu baru pemimpin hebat ". itulah yang dipelajari para jenderal dan pengusaha amerika.







apakah kita akan menjadi negara besar setelah pembuktian aksi damai 411 dan aksi super damai 212 dan menunjukan superioritas di wilayah asia tenggara ( termasuk australia dan selandia baru ) atau hanya menjadi negara tanpa pintu. siapa saja boleh masuk keluar, siapa saja boleh beradu kepentingan, siapa saja berhak memiliki setiap jengkal wilayah. setelah ini dunia banyak belajar dari indonesia dan sudah seharusnya pemimpin dan rakyat indonesia ikut belajar.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...