Jumat, 16 Juni 2017

rahasia rudal balistik antar benua

dari namanya sudah bikin bulu kuduk berdiri. sebuah senjata yang dikemas dalam bentuk peluru kendali berhulu ledak nuklir dan berkecepatan diatas mach 3 ini dibangun dengan satu tujuan yaitu mampu meluluh lantakkan sebuah kota hingga level 3 kerusakan dengan radius hingga 15 km2. jika hulu ledak yang digunakan adalah peledak konvensional tentu hanya memiliki daya rusak hanya 30 % dari radius kehancuran jika menggunakan hulu ledak nuklir.






rudal balistik muncul pada perang dunia kedua yang diinisiasi oleh ilmuwan NAZI dan direbut hingga dikembangkan oleh negara pemenang yaitu Russia dan USA. jika dari awal penemuan hingga saat ini, pola kerja sistem rudal balistik tidak jauh berbeda. hanya pada rudal balistik masa sekarang sudah menggunakan teknologi pemetaan yang sangat canggih. hingga potensi meleset hanya 3 meter saja. selain itu penggunaan teknologi pelacakan lokasi tidak hanya menggunakan dual spot, namun sudah mengaplikasikan quad spot. untuk pemahaman orang awan seperti ini. jika dahulu GPS menggunakan singgungan dari 2 titik yang berjauhan kemudian membentuk sudut pada titik benda yang ditargetkan sehingga menghasilkan jarak yang dikonfersi kepada posisi akurat. sedangkan quad spot menggunakan 4 titik sehingga tingkat presisi yang diperoleh jauh lebih baik.


dukungan satelit sangat tinggi untuk membangun sistem persenjataan rudal balistik. diperlukan 4 satelit yang berada pada utara-selatan dan barat-timur. kemudian bagaimana rudal balistik ini bekerja, itu yang sering bikin salah paham. maka akan dijelaskan secara mudah. sebagai berikut :





1. permukaan bumi bentangannya sejauh 40.000 km. rudal dengan kecepatan mach 3 maka menghabiskan 1 kg/km nya. jika rudal balistik jangkauannya 10.000 km, maka butuh bahan bakar padat 100 ton. belum termasuk hulu ledak yang di gendong. sehingga rudal akan berbentuk sangat jumbo. mudah di lihat radar dan juga hanya bisa diluncurkan dari silo atau launcher darat. gak mungkin bisa diluncurkan dari pesawat pengebom atau kapal perang dan kapal selam.


2. jarak permukaan bumi ke stasiun luar angkasa 380 km. jadi kalau rudal ciptaan LAPAN RX 750 dengan jangkauan 400 km, sudah bisa menghajar satelit yang mengorbit di luar angkasa atau stasiun luar angkasa internasional. teorinya seperti itu, namun prakteknya rudal konvensional menggunakan hukum kekekalan energi, dimana gerak parabola yang dihasilkan akan memperhatikan momentum dan tumbukan lenting sempurna. sehingga kalau rudal RX 750 ditembakkan lurus ke orbit satelit, tidak akan sampai karena bahan bakarnya habis duluan. bobot bahan bakar RX 750 hanya 15 ton sangat jauh jika dibandingkan roket pendorong soyuz milik Russia 3000 ton atau rudal balistik ZIRCON yang berbobot 300 ton.






3. bobot rudal balistik terjahat saat ini bernama RS28 SATAN 2 hanya berbobot 210 ton tapi mampu menjangkau hingga 11.000 km dengan kecepatan mach 7. itu artinya dapat mencapai jarak 10.000 km dalam waktu 2 jam saja. tapi mengapa bahan bakarnya hanya 210 ton saja ?

jadi jawaban dari sistem kerja rudal SATAN RS28 adalah memanfaatkan rotasi bumi. dengan sudut maksimal peluncuran 70 derajat, maka hanya memerlukan 10 menit untuk mencapai ketinggian 350 km. yang artinya rudal sudah berada sejajar dengan orbit satelit. di posisi ini, rudal hanya menyisakan hulu ledak yang dilengkapi roket pendorong dan dengan panduan quad spot satelit, hulu ledak balistik meluncur ke target dengan dorongan aktif dari roket dan juga percepatan yang berasal dari gaya gravitasi bumi. sehingga pada saat decline ( menukik ) kecepatan rudal mencapai mach 14.


4. sistem pertahanan udara iron dome ( israel ) dan THAAD ( amerika ) bekerja setelah ada respon peluncuran rudal balistik. mencegat sebelum rudal mencapai orbit atau menunggu hulu ledak rudal meluncur ke target pasca lepas dari orbit. opsi mencegat pada saat pelepasan menjadi pilihan utama karena resiko lebih kecil. selain itu hulu ledak belum diaktifkan pada saat rudal masih menuju orbit. maka selalu saja ada protes pada saat pihak musuh meletakkan sistem pertahanan udara di dekat perbatasannya. kemudian jika dilucuti pada saat hulu ledak sedang menukik itu seperti mencegat meteor yang masuk ke atmosfer bumi.






5. dinosaurus musnah karena meteor yang menghantam bumi dengan diameter meteor hanya 100 m saja. efeknya di alam berupa perubahan cuaca karena langit tertutup debu sehingga matahari tidak bisa menembus permukaan bumi. hal ini berlangsung selama 12 bulan lamanya. sedangkan meteor sebesar bis, mampu menghancurkan kota hingga radius 10 km, mengubah cuaca hingga 2 bulan. jadi jika ada rudal balistik dengan kecepatan mach 10 dengan bobot hulu 15 ton maka efek kehancurannya setara meteor seukuran bis yang menghantam bersamaan. lebih parah lagi jika dicegat dan dihancurkan di udara maka akan mempengaruhi cuaca hingga 3 bulan lamanya. selain itu hujan asam dan radio aktif akan menimbulkan kematian masal. 




6. kecepatan rudal balistik menjadi kunci kekuatan menghancurkan musuh. rudal zircon milik russia dengan kecepatan lebih dari mach 8 maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai di orbit akan semakin singkat. semakin cepat rudal sampai di orbit, maka semakin kecil kemungkinan bisa dicegat oleh sistem pertahanan udara. sedangkan pelapis hulu ledak dari gesekan atmosfer sudah bukan lagi masalah dengan digunakannya pelapis dari keramik yang mampu menahan panas hingga 4.000 derajat celcius. jika kecepatan ascending mach 8, maka pada saat rudal menukik ( descending ) bisa tercapai kecepatan mach 12 bahkan lebih. pada saat ini tidak ada satu sistem pertahanan udara yang mampu membendung rudal balistik dengan kecepatan hypersonik ini.






7. adalah salah jika menganggap rudal balistik adalah yang paling mematikan. karena rudal balistik itu sendiri dapat dilemahkan pada saat mencapai orbit karena harus reposition terhadap target dan membutuhkan waktu 1-2 detik. disitulah titik terlemah rudal balistik. rudal yang paling mematikan adalah rudal jelajah yang hampir serupa dengan rudal balistik, namun tidak mengarungi lengkung parabola dan transit di orbit. rudal jelajah ( cruiser missiles ) berjalan menggunakan pemetaan permukaan bumi dan ketinggian laju hanya lebih tinggi dari atap rumah saja. sehingga radar sangat sulit untuk memindai dengan baik. memang jangkauan target cruiser missiles hanya maksimal 1500 km berbeda dengan rudal balistik yang mencapai belasan ribu km. 




8. benar adanya bahwa kunci dari rudal balistik adalah kepada kemampuan satelit dan kemandirian dari kepemilikan satelit militer adalah utama. sebuah negara yang memiliki kemampuan sendiri mengelola satelit militer di orbit akan menjadi kunci dari manfaat rudal balistik. paket satelit militer mencakup satelit pengamatan permukaan dan cuaca, satelit GPS, satelit optikal, satelit khusus ( kemampuan penginderaan inframerah, ultraviolet, thermal, dll ).





 
kunci dari rudal balistik adalah kemampuan meluncur dengan skala hypersonic, didukung oleh sistem komunikasi satelit dananti jamming yang baik. respon sistem pertahanan udara efektif bekerja pada detik ke 65. sehingga semakin dekat dengan sasaran, maka semakin besar resiko kehancurannya. mach 14 itu sama saja 3,5 km per detik atau 210 km per menit.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...