Senin, 12 Desember 2016

siapakah australia

melihat sejarah. di awal kemerdekaan, australia ikut mengobok obok kedaulatan wilayah bekas jajahan belanda. bersama sekutu mereka mengokupasi wilayah timur indonesia dan wilayah nusa tenggara ceritanya menjadi jatah negara kanguru. sedangkan papua jatahnya amerika. kalimantan jatahnya inggris. selebihnya adalah hak belanda. namun semua itu sirna saat perjuangan rakyat indonesia luar biasa kerasnya. jadi jangan aneh jika hingga sekarang amerika dan australia selalu memiliki kepentingan terhadap indonesia timur terutama wilayah nusa tenggara. bagi mereka, indonesia itu adalah anak kurang ajar dan negara budak yang membangkang.







melihatlah dari papua dan akan kita ketahui siapakah australia ( secara geografis maupun politik ). daratan yang sebelum meletusnya gunung krakatau adalah daratan yang terhubung dengan papua dan wilayah yang kini disebut nusa tenggara. asal kehidupan berasal dari hulu di pegunungan di papua dan aliran sungai mengalir jauh hingga pedalaman australia. daratan sub tropis dengan padang savana yang luas membuat rerumputan dan tanaman perdu tumbuh subur sehingga banyak orang nusa tenggara yang menyebutkan australia itu adalah halaman belakang surga.sejak dahulu daratan australia hanya optimal sebagai lohan peternakan, sedangkan di tepian sungai menjadi lokasi lahan pertanian. selebihnya hanya dimanfaatkan sebagai lahan kehutanan dan lokasi pertambangan.





dalam perkembangannya, banyak yang mendiami daratan yang kini menjadi australia dan penduduk tersebut di sebut suku aborigin yang sebenarnya adalah anak cucu dari suku suku asli papua, mereka mendiami bagian timur hingga selatan daratan. sedangkan di bagian utara dan barat bermukim suku suku yang berasal dari nusa tenggara timur namun jumlahnya tidak begitu besar karena di wilayah tersebut kurang subur dan setelah terputusnya daratan papua - australia. daratan menjadi gersang dan tidak subur lagi. munculnya padang gurun yang semula adalah padang rumput. masyarakat menjadi terpisah dari akar budayanya dan membentuk budaya baru disesuaikan dengan alam sekitar. 





sebagai negara G 20 tentunya perekonomian australia tidak bisa dianggap remeh dengan PDB $1.489 trillion (2015 est.) merupakan kekuatan ekonomi yang sangat berpengaruh. apalagi negara ini memiliki cadangan mineral tambang dan emas yang luar biasa besarnya. bahkan permata dan uranium juga banyak terdeteksi di daratan benua terkecil ini. anggaran militer australia yang setiap tahun semakin meningkat memberikan efek determinan bagi negara tetangga dan setiap tahunnya USD21,57 billion dihabiskan untuk militer. namun negara yang luas daratannya 4 kali luas daratan indonesia ini hanya di huni 24 juta orang saja dan mayoritas adalah usia non produktif. hal inilah yang menjadi titik lemah australia. militer australia sangat memahami hal ini dan menutupinya dengan mengoptimalkan alutsista canggih yang membutuhkan sedikit personil seperti pengembangan divisi UAV, rudal pelindung udara, pesawat tempur terbaru dan peningkatan anggaran untuk jaringan itelijen luar negeri.








bersama korea selatan, jepang dan amerika serikat menjadi polisi dunia untuk bagian asia pasifik. beban semakin bertambah sejak china muncul menjadi negara adidaya baru dan menemani rusia dalam posisi berseberangan pandangan politik dengan amerika dan sekutunya. amerika sudah memahami sejak gagalnya agresi militer belanda ke 2. amerika lebih memilih menjaga indonesia utuh daripada menuruti keinginan australia untuk me mutilasi negara kesatuan republik indonesia. karena amerika memandang secara global, sedangkan australia hanya melihat dalam sekup wilayah asia tenggara dan oceania.melihat posisi australia yang tidak baik, mereka bermain dua muka. tercatat banyak sekali penyusupan intelijen ke seluruh wilayah indonesia dan diplomasi agar kepentingan australia tetap terjaga.




kepentingan atas kehancuran negara kesatuan republik indonesia bagi australia adalah pekerjaan rumah urutan pertama, entah berbagai macam cara dilakukan. mulai dari pemberian dana kepada organisasi pengacau keamanan di papua, pendanaan terorisme hingga kegiatan penyadapan komunikasi kepresidenan. semua itu membuat australia berlaku sebagai antagonis. indonesia memang dikelilingi oleh tangan amerika ( singapura ) dan tangan inggris ( australia ). tapi sepertinya australia tidak akan menemukan durian runtuh kembali seperti saat timor timur terpaksa dilepas seperti ekor cicak. australia harus berpikir keras agar bisa mengimbangi tetangganya yang diprediksi menjadi negara adikuasa baru bersama india, brasil menyusul china yang sudah sejajar dengan rusia dan amerika.




pasca indonesia bergabung menjadi anggota G 20 dan memiliki PDB no 18 menjadi poin super penting. apalagi jika PDB indonesia bisa masuk dalam jajaran 10 besar. meskipun PDB indonesia hanya separuh PDB australia. namun nilai tukar uang dengan barang domestik masih lebih baik indonesia. bisa terlihat saat turis australia yang pas pasan, bisa buka kamar bagus hanya dengan Rp 200 ribu. sedangkan di australia perlu merogoh uang 4 kali lipatnya agar memperoleh kamar yang serupa. PDB di era perekonomian modern menjadi sangat penting, karena PDB itu adalah perputaran uang domestik di sebuah negara, semakin besar PDB maka semakin besar pula nilai konsumtif penduduknya. prinsip ekonomi ini di populerkan china pada reformasi ekonomi era Denga Xiao Ping tahun 80an.

secara ekonomi, australia tidak banyak bergantung dengan indonesia. apalagi setelah lahirnya timor leste, perjalanan kapal cargo bisa langsung menembus laut jawa menuju selat malaka. indonesia yang bergantung ke australia untuk produk peternakan ( susu, daging dan turunannya ) dan produk peternakan ( buah, gandum, jagung dan kedelai ). apabila indonesia serius menggarap nusa tenggara, apalagi berani membuat terobosan dengan mengangkat menteri pembangunan indonesia timur. pasti akan membuat australia seperti semak belukar dibelakang rumah. pengembangan nusa tenggara memberi keuntungan ganda, rakyat timor leste akan semakin tertekan dan mulai berpikir reintegrasi ke indonesia. keuntungan lainnya, australia akan kesulitan menjual hasil pertanian dan peternakan yang cost delivery nya murah.
 







menyerang negara seluas australia memang bukan hal mudah, namun bukan hal tersebut yang membuat banyak negara ogah menyerang australia. karena manfaat dari letak geografisnya yang kurang mendukung. bukan berada di perlintasan jalur perdagangan dan daratannya dengan cuaca kering hanya cocok untuk peternakan seperti ungkapan para penggembala nusa tenggara dahulu kala. yang membuat australia menjadi negara maju karena memiliki pertambangan emas dan permata yang banyak. jika harus memilih, maka indonesia lebih menyukai mencaplok papua new guine dan philipina daripada harus bersusah payah mengurusi halaman belakang yang gersang. rusia dan china pun tidak begitu berminat untuk berurusan dengan australia, namun akan menyerang habis habisan jika negara pinggiran dunia ini menyerang lebih dahulu. 




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...