Minggu, 19 Februari 2017

Tiongkok menghancurkan Singapura meminjam tangan Indonesia

Tiongkok adalah negara super besar dengan luas daratan yang membentang dari pesisir pasifik dengan pelabuhan super sibuk hingga berbatasan dengan asia tengah yang kaya minyak bumi dan gas alam. keuntungan geografis tersebut membuat Tiongkok mudah memperoleh akses energi dan perdagangan. apalagi kebijakan buruh murah selama awal dekade 80an yang menarik banyak industri untuk membuka pabrik skala global. efek tersebut mulai bisa dirasakan pada awal milenium dimana 40 % produk rumah tangga dan mainan anak di dunia berasal dari pabrik Tiongkok.





Sekarang Tiongkok menjadi raksasa ekonomi yang benar benar sempurna dari berbagai lini. hanya menyisakan persoalan geopolitik yang mengharuskan Tiongkok selalu berbenturan dengan blok barat. yang membuat Tiongkok agak nyaman adalah kesamaan ideologi komunis dengan Rusia yang menjadi negara adi kuasa perimbangan sang negara adi daya Amerika serikat. Semenjak awal milenium, Rusia mulai mencoba melepaskan Tiongkok untuk mendiri dan lepas dari bayang bayang Rusia dan terlihatlah betapa besarnya kekuatan negara tirai bambu ini. kekuatan no 2 dunia setelah amerika.



Ibarat remaja, maka negara Tiongkok sedang pada posisi paling bugar. meskipun masih minim pengalaman dalam kancah politik global. Tiongkok paham kekurangannya dan tetap fokus pada kawasan sekitar. terutama isu satu china ( pertentangan dengan Taiwan ) dan batas kontinental di laut china selatan yang bersinggungan dengan banyak negara di asia tenggara. bagi cina daratan taiwan adalah wilayah nya dan yang menolak adalah musuh negara. Integrasi memang tinggal menunggu waktu seperti saat hongkong dikembalikan oleh inggris.








Batu sandungan berikutnya untuk penguasaan geopolitik kawasan asia tenggara adalah singapura yang merupakan perwakilan kapitalis barat dan boleh dibilang israel nya asia tenggara. memberikan kesan sebagai negara modern dan peraturan yang ketat diberlakukan. namun didalamnya singapura dikenal sebagai surga tax heaven. jasa keuangan singapura hampir setara dengan london dan tokyo. perputaran uang setiap harinya ribuan triluyun. pencucian uang dan deposit tanpa beban pajak. membuat para investor sangat menyukainya. posisi inilah yang di incar Tiongkok setelah belajar tentang hongkong yang merupakan masterpiece nya tangan inggris.




Untuk menguasai Singapura tidak bisa hanya dengan menggelontorkan uang ke pasar singapura. karena singapura memiliki jurus tai chi yang memanfaatkan uang orang lain untuk diputar dan keuntungannya diambil dengan bersih. maka Tiongkok mengambil pendekatan dengan desentralisasi pusat keuangan. seperti dukungan tax amnesty di indonesia. pembuatan pusat perdagangan karet, kelapa sawit di Malaysia. pusat perdagangan batubara dan nikel di Indonesia. serta dukungan keuangan kapitalisasi besar untuk proyek proyek pemerintah di kawasan asia tenggara. hal ini tentu menjadi perhatian besar petinggi Singapura.






Sejak 2015 pergerakan mulai terasa dan Singapura mulai mengalami goncangan. mulai dari program tax amnesty di Indonesia yang sukses. kemudian terbentuknya kartel karet dan kelapa sawit yang sudah tidak menggunakan broker dari singapura. dan dalam beberapa tahun ini setelah konsolidasi moratorium ekspor mineral mentah di inddonesia, akan dibentuk bursa komiditas di jakarta untuk nikel dan batubara. tentu hal ini sangat memukul telak perekonomian singapura. belum lagi kucuran uang berupa pinjaman super lunak dari pemerintah Tiongkok kepada beberapa negara asia tenggara, tentu akan menjadikan porsi kepentingan ekonomi Tiongkok di asia tenggara semakin besar.




Diprediksi pada 2025 negara Singapura akan mengalami krisis finansial yang dimulai dengan menurunnya nilai properti dengan daya beli yang merosot drastis. keadaan yang memburuk akan berlangsung hingga 2030 yang menjadi awal dari krisis multidimensi dimana semua sisi keunggulan singapura sebagai pusat bisnis sudah dipatahkan oleh negara negara tetangga. disitulah Tiongkok akan masuk dan memegang kendali dinansial dan politik di negara kepulauan ini. singapura akan menjadi ujung tombang pusat pergudangan yang sangat strategis. disusul dengan pembangkitan kembali singapura sebagai pusat keuangan asia tenggara dengan kendali dari Tiongkok.







Saat ini sudah terhubung jalur kereta api dari pesisir timur Tiongkok hingga ke eropa yang mampu memangkas waktu perjalanan jika menggunakan kapal laut. di eropa kini sudah bermunculan pusat pergudangan produk Tiongkok sehingga pembeli akan lebih nyaman dalam urusan stok. demikian juga dengan asia tenggara. setelah perjanjian membuat jalur rel kereta dengan Thailand dan akan terhubung hingga singapura. tentunya untuk masa depan akan menjadi ujung tombak kekuatan ekonomi Tiongkok. berbagai ambisi negeri panda ini akan selalu berkeinginan untuk menjadi yang terdepan dalam perdagangan di semua kawasan dan amerika, inggris dan sekutunya sudah membaca itu, namun memang sulit untuk membendung rencana Tiongkok yang sangat rumit dan menyebar sedangkan mereka sedang dilanda krisis ekonomi yang berat.




Indonesia memiliki peranan penting dalam menjadikan Singapura sebagai pusat pergudangan Tiongkok di asia tenggara sekaligus pusat keuangan dalam kendali Tiongkok. hal tersebut bukan hal baru, karena pada masa dahulu pun sudah pernah terjadi. saat Tumasik ( singapura ) dikendalikan armada kapal perang dari 3 negara ( Moghul India, Mongol Tiongkok dan Majapahit Indonesia ). kestabilan ekonomi terjaga dan saat ini terjadi pertumbuhan ekonomi yang luar biasa pesat hingga mengundang negara eropa yang penasaran untuk ikut mencicipi kejayaan dan kemakmuran di asia tenggara. disinilah Indonesia harus bisa belajar.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...