Minggu, 15 Maret 2020

wajah asia pasifik 2030 di tangan tiongkok amerika

Melihat gerakan militer tiongkok di laut sina selatan. tentunya sudah tertulis jelas apa yang akan dan bakal dilakukan tiongkok diperairan ini. yang menderita adalah wilayah indocina (vietnam, kamboja dan laos). yang ikut merasakan kesulitan dalam kebebasan berlayar adalah thailand, philipina, malaysia, brunei, taiwan dan jepang.



dari sejarah tiongkok sering berseteru dengan negara tetangga. lihatlah taiwan, jepang, vietnam. bahkan dengan russia dan india juga bersitegang. boleh dibilang tiongkok kurang lihai dalam mengelola persahabatan dengan tetangga. dalam istilah mereka. caplok atau musnahkan. tidak ada opsi bermitra atau bersahabat.







dalam 10 tahun ini tiongkok akan memindahkan 20 % kekuatan militer organiknya ke pulau pulau baru di perairan china selatan. kemudian melakukan pengrusakan ekonomi dengan tekanan dan lobi. yang menyebabkan vietnam, kamboja dan laos menjadi lemah dan mudah dikontrol oleh kebijakan tiongkok. pertimbangan mendasar adalah karena vietnam memiliki perbatasan darat dengan tiongkok yang akan memudahkan jalur distribusi dan juga menahan tekanan militer dari sisi barat daya.




Lalu dengan philipina, malaysia, brunei. tiongkok akan memainkan peran penyeimbang kekuatan politik dan ekonomi dengan kekuatan amerika dan eropa. potensi chaos akan dimunculkan di malaysia dan philipina. dengan pertimbangan kekuatan ekonomi kedua negara hanya di komoditas, namun kecil pengaruhnya dalam keuntungan politik.


konflik philipina selatan dan kalimantan bagian utara. akan menjadi  medan perang seperti yang terjadi di suriah dan irak. dengan dalih pendirian negara daulah islamiyah. gerakan radikal dipersenjatai. disitulah pihak tiongkok dan amerika akan bermain catur.


thailand lokasinya yang strategis tetapi terpencil dari jangkauan lalu lintas perdagangan. menyebabkan thailand menjadi negara yang relatif tidak disentuh negara besar sejak lama jaman kerajaan. banyaknya warga thailand yang memiliki garis keturunan dari tiongkok. menyebabkan hubungan thailand dan tiongkok sangat dekat. bahkan beberapa pejabat penting merupakan perakanan campur thailand dan tiongkok. boleh dibilang thailand akan menjadi satpam untuk menjaga sisi barat indocina bersama vietnam yang menjaga sisi timur.

sedangkan singapura tidak akan disentuh oleh tiongkok. karena di negara ini pusat lobi kekuatan barat ( amerika, inggris dan eropa).

Bagaimana dengan Indonesia.

sejak dahulu indonesia terlalu mahal jika harus dipecah menjadi negara negara kecil. selain itu untuk apa dipecah pecah kalau saat ini dengan kekuatan uang pun. tiongkok dan negara barat sudah bisa menjajah ekonomi dan sumber daya alam indonesia.



belum lagi kekuatan militer indonesia yang bagus dan terlatih. akan sangat menyulitkan negara luar. bahkan militer indonesia membutuhkan musuh sebagai sarana latihan dan tes kemampuan. maka di biarkan bermunculan separatis di maluku, poso, papua. yang jika militer indonesia serius, akan tumpas dalam hitungan bulan saja.



militer indonesia tidak pernah dilibatkan dalam proxy war di negara lain atau dalam pasukan gabungan seperti di afganistan, perang saudi-yaman, suriah-irak. karena memang tidak mengharapkan militer indonesia bertambah kuat. jika itu terjadi, maka akan sangat menakutkan.



tiongkok akan bermain di indonesia dalam penguasaan sumber daya alam dan finansial debt saja. dengan demikian, politik indonesia akan mudah dikendalikan. tidak perlu dengan darah tertumpah.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...