Senin, 16 Mei 2016

Cobra strike ala F 22 raptor

Dikembangkan berdasarkan konsep kebutuhan pesawat tempur tangguh di abad 21, dimulai dengan pengajuan proposal yang menggunakan F 15 eagle sebagai platform yang memang merupakan pesawat tempur taktis dan fleksibel dalam pertempuran jarak pendek. 





Dimulai tahun 1981 dan mulai dibuat prototipe nya pada tahun 1986 oleh konsorsium Lockheed - Boeing - General Dynamics yang mampu mengalahkan pesaingnya dari Northrop McDonnell douglas. setelah melalui pengujian menyeluruh selama 3 tahun akhirnya pesawat tercanggih mulai diproduksi masal.

Dengan nama YF-22 yang merupakan pengkodean sebagai pesawat prototipe dan setelah masuk pabrikasi dengan spesifikasi bacth A sehingga pesawat ini disebut F-22 A dengan julukan Raptor atau yang sering disingkat dengan F 22 Raptor. penggunaan nama raptor sendiri melambangkan karakter dari pesawat tempur ini. 





mengambil filosofi binatang purba dinosaurus raptor yang merupakan pemangsa ganas yang memiliki kecepatan tinggi dan mempunyai kecerdasan dalam menjebak mangsanya. raptor sendiri dapat bekerja sendiri dan amat ampuh jika bekerja berkelompok. hal inilah yang menjadikan F 22 ini dijuluki raptor.


Dalam spesifikasi resmi yang diliris oleh departemen pertahanan amerika menyatakan bahwa F 22 raptor merupakan pesawat tempur generasi 5 dengan kemampuan siluman mendekati zero ( saat ini radar dapat mendeteksi badan pesawat sebesar 0,1 meter ). dengan kemampuan tidak terlihat ini pesawat dapat masuk sangat dalam ke garis pertahanan musuh dan melakukan serangan mematikan dan dapat keluar dengan aman. 






kecanggihan inilah yang seringkali menjadikan F 22 raptor ini tulang punggung dalam penyerangan basis pertahanan militer lawan seperti dalam penggunaannya dalam penghancuran markas militer taliban di afganistan dan pada saat penggulingan saddam husein dengan meluluh latakkan sumur rudal balistik dan bunker pertahanan garda republik.


F 22 raptor juga memiliki kelebihan sebagai pesawat tempur ideal kapal induk karena kemampuan vertical take off and landing sebagai penyempurnaan pesawat tempur VTOL Harier yang sebelumnya menjadi primadona kapal induk dan landasan pendek. 






jika melihat semua kemampuan yang ada pada F 22 raptor adalah sangat mengherankan karena bagaimanapun F 22 raptor itu adalah versi pengembangan F 15 eagle yang merupakan pesawat tempur taktis yang memang di khususkan untuk dapat bertempur langsung dalam jarak dekat, namun F 22 diberi kemampuan siluman dan membawa bom setara dengan F 16 yang merupakan pesawat tempur serang. jika di prediksi F 22 adalah pesawat rintisan dalam meloncat kepada pengembangan F 35 lighting II yang memang dibuat untuk menggantikan F 16.



Sayap dan bentuk cerobong pembuangan jet yang fleksibel juga memberikan kemenangan tersendiri untuk F 22 raptor, karena dengan memanfaatkan daya dorong dan aerodinamika pesawat. maka F 22 akan mampu melakukan manuver cobra attack seperti yang dimiliki sukhoi. tentu akan menjadi lawan yang seimbang dalam bermanuver dan bertempur jarak pendek.




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...