Kamis, 13 Juni 2019

bisnis doktrin

kalau membaca judulnya, tentu sesuatu yang aneh dan gak ketemu nalar. namun saat ini doktrin menjadi bisnis yang sangat bagus jika dilihat dari sisi bisnis karena mendatangkan keuntungan yang sangat besar. lebih besar dari perusahaan penambang emas atau minyak bumi. tren bisnis doktrin mulai menggeliat sejak awal tahun 90.  kita mulai kupas satu per satu. 






pada perang teluk. menjadikan banyak stasiun televisi berita yang menerima income luar biasa, berlipat lipat. hanya dari meliput jalannya perang teluk dan juga perang perang lainnya. bisnis penyiaran berita menjadi bisnis yang cepat sekali mendatangkan keuntungan. hingga saat ini hal tersebut masih berlangsung. 



kemudian masuk ke awal milenium dimana era doktrin berbasis identitas agama dan osama bin laden menjadi aktor favorit. terorisme sangat mempengaruhi jalannya kehidupan. mengubah semua sistem keamanan dan perlindungan masyarakat. saat orang ketakutan, akan membeli apapun yang bisa menjadikan dirinya aman. disitulah bisnis muncul. berawal dari doktrin terorisme. hal tersebut masih berlanjut juga sampai detik ini. entah sampai kapan ini akan berakhir. 






lalu pada dekade pertama di abad 21 ini. menjadi puncak bisnis doktrin dimana banyaknya penekanan dari sebuah kabar yang belum tentu kebenarannya atau yang sering disebut dengan hoax. selain itu drama drama yang dibuat sedemikian natural sehingga tidak terlihat sebagai tersekenario seringkali muncul dalam dunia entertainment. seperti percintaan artis yang dibuat buat, bahkan pernikahan dan perceraianpun menjadi ladang doktrin yang sangat menggiurkan keuntungannya. 



sumber informasi yang tidak lagi tunggal menjadikan banyak orang yang lebbih mempercayai informasi dari internet daripada informasi dari seseorang yang sudah dikenal dengan baik kepribadiannya. bahkan menggunakan isu kemanusiaan untuk memperoleh simpati dan donasi menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan bagi mereka yang tidak lagi punya akal sehat. 








hal inilah yang akhirnya doktrin asimetris muncul. pemahaman pemahaman baru yang dipercaya tanpa melalu guru dan pendidikan. sangat berbahaya, namun bagi mereka yang tahu peluang. mereka anggap ini bisnis. bagi mereka bisnis adalah bisnis. uang adalah segalanya. 






makna sebenarnya baca bismillah sebelum keluar rumah menjadi nyata adanya. bahkan didalam  rumahpun kita harus sering sering baca bismillah. karena kita benar benar harus meminta perlindungan dari sang pencipta dari begitu banyaknya dokktrin dan informasi yang belum tentu kebenarannya. menakutkan sekali, lebih menakutkan dari hanya sekedar setan di kuburan atau tempat sepi. 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...